Kegiatan Mahasiswa

KEGIATAN MAHASISWA

Kuliah Umum

Pada 8 Juni 2015 Departemen Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan BEM-F Psikologi Unisba menyelenggarakan Kuliah Umum. Tema Kuliah Umum kali ini adalah Medical Psychology yang di selenggarakan di Student Center Unisba. Pemateri yang berlatar belakang dari alumni Psikologi Unisba yaitu, Aulia Iskandarsyah, M.Psi, PhD. Pembicara merupakan Doktor (S3) lulusan dari Belanda yang ahli dibidang Psikologi Medis. Kuliah umum ini berjudul “Mens Sana in Corpore Sano” yang berarti “didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”.

 

PAKEM

Penerimaan Anggota Keluarga Mahasiswa (PAKEM) Fakultas Psikologi Unisba adalah kegiatan yang dapat membantu mahasiswa dalam beradaptasi dan memenuhi tuntutan kuliah di Fakultas Psikologi Unisba. Melalui kegiatan PAKEM mahasiswa akan mendapat gambaran mengenai hal-hal yang ada di Fakultas Psikologi Unisba baik mengenai perkuliahan, organisasi kemahasiswaan, iklim akademik seperti praktikum psikologi, dosen dan staf di Fakultas serta membantu mahasiswa baru dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

PAKEM terdiri dari tiga rangkaian kegiatan yaitu Ta’aruf, PPMB dan PPD. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan rangkaian kesinambungan yang seluruhnya wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Setiap rangkaian memiliki maksud dan tujuannya masing-masing, namun masih menjadi kesatuan yang sejalan dengan visi PAKEM secara umum. Berikut ini penjelasan tiap rangkaian kegiatan :

TA’ARUF

Ta’aruf merupakan Rangkaian pertama dalam kegiatan Pakem. Ta’aruf akan memfasilitasi mahasiswa baru Fakultas Psikologi Unisba untuk saling mengenal antar mahasiswa baru serta lingkungan kampusnya. Juga memfasilitasi mahasiswa baru untuk mengenal KEMAH Psikologi, memfasilitasi mahasiswa baru untuk mengenal lingkungan yang menunjang dalam proses perkuliahan dengan kunjungan fisik, serta memberikan informasi yang dapat mengarahkan mahasiswa baru memiliki kedisiplinan, penyesuaian (adjustment) yang baik, etika dan sopan santun.

 

PPMB

Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB) adalah rangkaian kedua kegiatan PAKEM. Setelah mahasiswa baru mengenal lingkungan fisik dan psikis yang telah di berikan di rangkaian Taaruf, maka pada rangkaian PPMB mengarahkan mahasiswa baru  dalam mempersiapkan diri menjalani proses perkuliahan selama di Fakultas Psikologi Unisba. Rangkaian ini memberikan informasi secara mendalam tentang perkuliahan dan prosedur yang berlaku di Fakultas Psikologi, baik bidang akademik dan administrasi, memperkenalkan  ilmu psikologi dan aplikasinya pada kehidupan sehari-hari, memperkenalkan lembaga formal kemahasiswaan tingkat fakultas, memberikan informasi tentang prospek psikologi di masa depan dan pengembangan psikologi.

 

PPD

Pelatihan Pengembangan Diri (PPD) adalah rangkaian terakhir dalam Pakem ini membantu mahasiswa baru Fakultas Psikologi Unisba  dalam mengenal dan mengembangkan potensi diri. Membantu mahasiswa baru dalam mengevaluasi diri, serta menemukan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki setiap individu, mengembangkan dan mengasah empati dalam diri mahasiswa baru, membantu mahasiswa baru dalam memainkan peran dan berkomunikasi dalam berbagai situasi, menumbuhkan rasa solidaritas dan kepemimpinan dalam diri.

 

KEGIATAN SOSIAL

Berbagai kegiatan sosial dilakukan oleh kemahasiswaan Fakultas Psikologi baik yang bersifat rutin maupun kegiatan sosial yang menjawab permasalahan sosial yang memerlukan bantuan psikologi.

 

EKSTRALOBA

Ekstradisi Ramadhan Psikologi Unisba yang disebut EKSTRALOBA dimana acara ini biasanya adalah acara atau kegiatan amal yang rutin dilakukan di bulan ramadhan. Psikologi angkatan 2014 mengambil tema yaitu DIORAMA yang artinya “Do it For Beramal” dengan arti dengan “Do it For Charity”.

 

RUMAH BELAJAR TAMAN SARI (RBT)

Rumah Belajar Tamansari (RBT) di Taman Kuyagaya Kebon Bibit Bandung adalah salah satu kegiatan sosial yang diadakan kemahasiswaan Fakultas Psikologi dalam upaya aplikasi keilmuan psikologi dalam rangka membantu mengembangkan kegiatan kemasyarakatan.

 

PENANGANAN BENCANA

Mahasiswa Fakultas Psikologi telah ikut terjun dalam penanganan bencana salah satunya adalah Gempa Pangalengan tahun 2012.

 

KEGIATAN SENI 

Melalui UKM-F Kabaret Ungu, pada tahun 2015 diselenggarakan pagelaran drama musikal Paku Lancip yang berjudul “Psyche”. Pagelaran perdana KBU ini di selenggarakan di G.K Rumentangsiang sebagai bentuk kegiatan yang menggabungkan ilmu psikologi dengan drama (psikodrama).

Kegiatan Kemahasiswaan skala Nasional yang diadakan tahun 2014 berjudul KAMPUNG SENI PSIKOLOGI “We Care About Abnormality” dengan kegiatan berupa  pameran seni psikologi berupa Art Gallery, Bazaar, Live Painting, Pemutaran film documenter,  Performance art dan pertunjukkan music.