Ikatan Alumni

Lulusan Program Studi Psikologi Unisba telah memiliki himpunan alumni yang bernama Ikatan Alumni Fakultas Psikologi Unisba (IKA Fakultas Psikologi Unisba) yang berdiri sejak 1989. Pembentukan Ikatan Alumni diawali dengan pembentukan Forum Silaturahmi Alumni (Formasi) sebagai cikal bakal Ikatan Alumni Psikologi Unisba. Ketua ikatan alumni yang pertama adalah :  Bambang Kartaatmadja. Drs., Psikolog. IKA Psikologi Unisba saat ini adalah Saiful Zaman, S.Psi, MM.

Kegiatan alumni Psikologi Unisba banyak bergerak dibidang sosial seperti turut terlibat dalam kegiatan-kegiatan penanganan bencana dan pengembangan komunitas. Selain itu Ikatan Alumni juga memberikan bantuan dalam kegiatan kemahasiswaan Fakultas Psikologi, baik berupa bantuan finansial ataupun menjadi pemateri dalam kegiatan-kegiatan akademik dan non akademik. Untuk membantu komunikasi antar pengurus dan anggota, IKA Fakultas Psikologi Unisba juga membuat group di media sosial Facebook, dengan nama group Ikafapsi Unisba. Melalui media sosial tersebut diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi alumni dan membangun jejaring kerja alumni, sehingga dapat membantu alumni-alumni dalam pekerjaan ataupun bisnisnya. Selain menitikberatkan pada program dan kegiatan dalam membangun masyarakat, Ikatan Alumni turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan yang bersifat akademik maupun non akademik.


Partisipasi Alumni dalam Bidang Akademik

Alumni Psikologi Unisba berpartisipasi aktif mendukung pengembangan akademik di Psikologi Unisba dalam bentuk :

1. Sumbangan Dana Alumni

Sumbangan dana dari alumni kepada Psikologi Unisba adalah dalam bentuk infaq yang diperuntukan bagi pengembangan kader mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana dalam bentuk beasiswa Alumni Psikologi Unisba bagi mahasiswa unggulan. Program bantuan Beasiswa untuk mahasiswa merupakan bantuan dana bagi mahasiswa yang kesulitan dalam melunasi biaya kuliah. Sumber dana diperoleh dari sumbangan alumni. Mekanisme pengelolaan dibawah tanggung jawab ikatan alumni. Mahasiswa yang membutuhkan bantuan ini mengajukan permohonan dan diproses berdasarkan ketentuan yang berlaku di IKA Psikologi Unisba.

2. Sumbangan Fasilitas

Sumbangan fasilitas Alumni Psikologi Unisba diarahkan untuk dapat membantu aktivitas perkuliahan dan pengembangan iklim akademik di perkuliahan maupun di kegiatan kemahasiswaan. Sumbangsih yang telah diberikan adalah memberikan fasilitas tempat bekerja mahasiswa menjadi tempat kuliah praktek lapangan/magang, menjalin kerjasama untuk tempat penelitian/pkm mahasiswa, memberikan sumbangan CPU, printer, sepeda, kipas angin, dan notebook.

3.Partisipasi Dalam Proses Pembelajaran

Berikut partisipasi alumni Psikologi Unisba dalam proses pembelajaran:

  1. Memberikan masukan terhadap kurikulum agar kurikulum relevan dengan kebutuhan pengguna, dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan. Alumni yang telah bekerja di perusahaan yang mapan, seperti perusahaan pertambangan, kelembagaan perbankan, korporasi media massa, misalnya, diundang menjadi nara sumber di dalam pembahasan kurikulum Program Studi, guna meningkatkan performa materi perkuliahan yang terakselerasi secara link and macth dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.
  2. Menjadi pemateri tamu di dalam kegiatan akademis seperti Kuliah Umum, Ta’aruf Mahasiswa Baru, Pesantren Calon Sarjana, Dosen Tamu, dan sebagainya. Alumni yang telah bekerja menjadi Redaktur di Koran Sindo, atau Produser Eksekutif di satu programa siaran Trans 7, misalnya, diundang memberi masukan di salah satu perkuliahan di Program Studi Ilmu Komunikasi.
  3. Menjadi tutor mahasiswa untuk dapat menguasai materi perkuliahan (kuliah umum).
  4. Menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan penalaran, kuliah umum, maupun pelatihan yang diberikan bagi civitas akademika Fakultas/Program Studi Psikologi.
  5. Alumni menyediakan tempat bagi kegiatan penelitian dan PKM.

4.Pengembangan Jejaring

Berikut bentuk partisipasi alumni Psikologi Unisba dalam membantu mengembangkan jejaring mahasiswa sehingga siap kerja di lapangan:

  1. Alumni menyediakan informasi terkait fenomena lapangan untuk pengembangan kegiatan penelitian dan PKM
  2. Memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui media sosial dan menyediakan tempat bagi kegiatan tutorial mahasiswa.
  3. Menjalin kerja sama wirausaha. Alumni yang telah berhasil mendirikan dan mengembangan usaha atau bisnis, diajakan untuk menjalin kerja sama, melalui format inkubator bisnis.
  4. Merekruit mahasiswa terbaik dalam sebagai calon tenaga kerja di berbagai perusahaan tempat alumni berkiprah.

5.Penyediaan Fasilitas Kegiatan Akademik

Alumni memberikan bantuan berbagai pemberian fasilitas yang menunjang kegiatan akademik seperti laptop, speaker, infocus dan buku bagi kelancaran kegiatan pembelajaran mahasiswa. Sampai saat ini jumlah buku yang telah disumbangkan sebanyak 70 buku teks.


Partisipasi Alumni dalam Bidang Non-Akademik

Alumni Psikologi Unisba berpartisipasi aktif mendukung pengembangan akademik di Psikologi Unisba dalam bentuk:

1.Sumbangan Dana Alumni

Sumbangan dana dari alumni kepada Psikologi Unisba adalah dalam bentuk sponsorship dan infaq yang diperuntukan bagi pengembangan kader mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana kegiatan kemahasiswaan misalnya dalam kegiatan program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Unisba.

2.Sumbangan Fasilitas

Sumbangan fasilitas Alumni Psikologi Unisba diarahkan untuk dapat membantu aktivitas di kegiatan kemahasiswaan. Sumbangsih yang telah diberikan adalah memberikan fasilitas tempat bekerja mahasiswa untuk mengadakan kegiatan dan latihan untuk organisasi minat bakat.

3.Partisipasi Dalam Kegiatan Kemahasiswaan

Berikut partisipasi alumni Psikologi Unisba dalam proses pembelajaran:

  1. Menjadi pemateri tamu di dalam kegiatan kemahasiswaan seperti dalam Pelatihan Pengembangan Diri, LDKM, Upgrading Organisasi Kemahasiswaan dan sebagainya.
  2. Menjadi trainer/Pembina/narasumber bagi kegiatan mahasiswa untuk pengembangan minat organisasi, kepemimpinan, pengembangan minat seni dan olahraga.
  3. Menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan pelatihan soft skill yang diberikan bagi civitas akademika Fakultas/Program Studi Psikologi.

4.Pengembangan Jejaring

Berikut bentuk partisipasi alumni Psikologi Unisba dalam membantu mengembangkan jejaring mahasiswa sehingga mahasiswa mampu mengasah Soft Skill di luar kegiatan belajar mengajar atau perkuliahan :

  1. Menyertakan mahasiswa dalam kegiatan atau projek-projek yang dikerjakan oleh Alumni untuk melatih kemampuan kerjasama team.
  2. Memberi peluang sponsorship untuk kegiatan-kegiatan kemahasiswaan BEMF, atau Unit-unit kegiatan mahasiswa, melatih mahasiwa dalam kemampuan negosiasi.
  3. Mengarahkan dan memberikan informasi pada mahasiswa untuk memenuhi sumber daya- sumber daya yang dibutuhkan dalam kegiatan kemahasiwaan, melatih mahasiswa dalam relationship.

5.Penyediaan fasilitas kegiatan non-akademik

Alumni Psikologi Unisba memberikan berbagai fasilitas kegiatan non-akademik seperti dalam dukungan berbagai macam merchandise (kaos, spanduk, mug, gantungan kunci, sticker) untuk kegiatan milad Psikologi Unisba, menjadi sponsor dalam kegiatan kemahasiswaan dan memberikan tempat usaha sebagai stand kegiatan kemahasiswaan berpromosi.

 

Recent Comments
    Archives
    Categories
    • No categories